Sejarah

identitas

Masyarakat Jember lebih mengenal nama RS Jember Klinik yang berasal dari bahasa Belanda "DJEMBER SCHEKLINIK" yang sekarang nama resminya RS. Perkebunan Jember PT. Nusantara Medika Utama yang terletak ditengah-tengah kota tepatnya di Jl. Bedadung 2 Jember. RS Perkebunan Jember merupakan Unit Usaha Pelayanan Kesehatan milik PT. Perkebunan Nusantara X (Persero) yang berfungsi sebagai rumah sakit yang melayani perusahaan dan masyarakat umum.

Sejarah RS. Perkebunan Jember tidak lepas dari sejarah berdirinya perusahaan Perkebunan Belanda LMOD (Landbouw Maatschappij Oup Djember) sebelum di nasionalisasi pada tahun 1956 yang merupakan asal dari PT. Perkebunan XXVII, PT. Perkebunan XXVI dan PT. Perkebunan XXIII di kabupaten Jember. Setelah masa nasionalisasi RS Perkebunan menjadi bagian dari PPN Baru Pra Unit Tembakau. Setelah PPN mengalami beberapa kali Reorganisasi dari tahun 1957 hingga menjadi Unit Kesehatan PT. Perkebunan XXVII.

Berdasarkan PP Nomor 15 Tahun 1996 tanggal 14 Pebruari 1996 terjadi peleburan semua PT. Perkebunan diantara PT. Perkebunan XXVII, PT. Perkebunan XIX dan PT. Perkebunan XXI-XXII yang mengelola lebih dari satu komuditas yang tatacara niaganya berbeda dijadikan satu menjadi PT. Perkebunan Nusantara X. Berdasarkan Surat Direksi No XX-PBUMN/03.056 tentang pembentukan   Strategi Bisnis unit yang disetujui Menteri Negara BUMN dan SK Direksi PT. Perkebunan Nusantara X Nomor XX-SURKP/03.149 tentang Penetapan Rumah Sakit sebagai Strategi Bisnis Unit (SBU) terhitung mulai 07 Oktober 2003. Berdasarkan Akte Notaris No. 14 tanggal 19 Januari 2013 SBU Rumah Sakit PT. Perkebunan Nusantara X (Persero) yang membawahi 3 (tiga) Rumah Sakit (RS Gatoel-Mojokerto, RS Toeloengredjo-Pare-Kediri, dan Rumah Sakit Perkebunan-Jember), telah resmi menjadi Anak Perusahaan PTPN X (Persero) dengan nama PT. Nusantara Medika Utama.

Jejak Langkah
  • 1910

    Berdiri dengan sebutan Djemberscheklinik merupakan pusat pengobatan karyawan dari sebuah perusahaan perkebunan milik Belanda yang bernama Landbouw Maatschappij Oud Djember atau kerap disingkat LMOD.

  • 1957

    LMOD (Landbouw Maatschappij Oud Djember) akhirnya dinasionalisasi pada tahun 1956 yang merupakan asal dari PTP XXVII, PTP XXVI dan PTP XXIII di Kabupaten Jember. Setelah masa nasionalisasi, Rumah Sakit Jember Klinik menjadi bagian dari PPN Baru Pra Unit Tembakau. Setelah itu, PPN kemudian mengalami beberapakali reorganisasi dari tahun 1957 hingga menjadi Unit Kesehatan PTP XXVII dengan nama RS Perkebunan Jember.

  • 1996

    Pada tanggal 14 Februari 1996, beberapa elemen dari PT. Perkebunan Nusantara yakni PTP XXVII, PTP XIX dan PTP XXI-XXII melakukan fusi. Peleburan ini pada nantinya akan mengelola lebih dari satu komoditas yang secara tata niaga digabung dalam naungan PTPN X. Ini sebagaimana yang tertuang dalam PP nomor 15 tahun 1996. Termasuk RS Perkebunan Jember.

  • 2003

    Rumah Sakit Jember Klinik tergabung dalam Strategi Bisnis Unit (SBU) Rumah Sakit dari PTPN X. Gagasan tentang SBU ini lantas secara legal diakui melalui persetujuan Menteri Negara BUMN dan SK Direksi PTPN X Nomor XX-SURKP/03.149 tentang Strategi Bisnis Unit terhitung sejak 07 Oktober 2003.

  • 2013

    Pada tahun 2013, tepatnya berdasarkan Akte Notaris tanggal 19 Januari 2013, SBU Rumah Sakit PTPN X yang membawahi 3 rumah sakit (RS Perkebunan/RS Jember Klinik, RS Gatoel Mojokerto, RS HVA Toelongredjo Kediri) resmi menjadi anak perusahaan PTPN X, dengan menggunakan nama PT. Nusantara Medika Utama (PT. NMU).

Copyrights ©2016 | Divisi Pemasaran dan Pengembangan Bisnis RS. Jember Klinik