Green Hospital

identitas

Dengan mewujudkan Green Hospital, RS Perkebunan Jember bukan hanya memberikan manfaat untuk Rumah Sakit berupa berbagai efisiensi dalam pengelolaan, namun juga menciptakan lingkungan rumah sakit yang bersih dan sehat, yang memberikan nuansa sejuk, nyaman, dan aman bagi petugas, pasien dan masyarakat sekitar.

Langkah-langkah RS Perkebunan Jember dalam mewujudkan konsep Green Hospital, antara lain :

  • Penataan lahan hijau sebagai taman terbuka

    Lahan terbuka hijau di lingkungan RS Perkebunan Jember dikelola menjadi taman dengan keanekaragaman tanaman hias yang dirawat secara teratur sehingga tampak indah dan bisa memberikan rasa sejuk dan nyaman. Selain itu lahan hijau terbuka di lingkungan rumah sakit mampu meningkatkan kualitas udara dilingkungan rumah sakit, yang sangat bermanfaat untuk menciptakan lingkungan yang sehat.

  • Pengolahan Sampah dan Limbah Medis di RS Perkebunan Jember

    Setiap kegiatan pelayanan di Rumah Sakit selalu menghasilkan limbah. Limbah rumah sakit meliputi sampah medis dan non medis. Sampah medis dipisahkan antara limbah medis cair dan limbah medis padat. Pengelolaan limbah medis padat dan cair dilakukan sesuai dengan standar pengelolaan limbah medis

    RS Perkebunan Jember memiliki 2 alat incenerator untuk mengelola limbah medis padat dan 2 Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) sehingga air limbah dari rumah sakit terbukti aman bagi lingkungan sekitar, dibuktikan dengan dilakukan uji kualitas air limbah tiap 3 bulan sekali oleh Dinas Terkait.

    Untuk pengelolaan sampah non medis di semua unit layanan, tempat sampah sudah menggunakan model tertutup, tidak lagi menggunakan kantong plastik, tujuannya untuk penghematan dan mengurangi penggunaan kantong plastik, sehingga tidak semakin mencemari lingkungan.

  • Kebersihan dan kesehatan lingkungan
    • Kebersihan lingkungan RS Perkebunan Jember dikelola semaksimal mungkin dengan menggunakan desifektan yang ramah lingkungan serta bisa diterima pada Sistem Pembuangan limbah cair Rumah Sakit
    • Efisiensi penggunaan tissue untuk cuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer di semua ruangan
    • Menjadikan kawasan RS Perkebunan Jember yang bebas asap rokok.
  • Pelayanan RS Perkebunan Jember didukung oleh petugas yang ramah dan santun

    Kenyamanan selama menjalani perawatan di RS Perkebunan Jember mendapat perhatian khusus didalam pengelolaannya. RS Perkebunan Jember berkomitmen untuk membudayakan 5 (lima) S, yaitu : Senyum, Sapa, Salam, Sayang, dan Santun kepada semua karyawannya.

  • Program Hemat Energi

    Program hemat energi RS Perkebunan Jember dengan mengoptimalisasi efektifitas dan efisiensi penggunaan air dan listrik. Mematikan lampu pada pagi hari di semua ruangan termasuk kamar pasien dengan mengoptimalkan cahaya dari sinar matahari dari jendela, penggunakan alat-alat elektronik seperti AC, Komputer, TV sesuai kebutuhan dan anjuran untuk menggunakan tangga. Untuk alat pemanas air Rumah Sakit Jember Klinik sudah menggunakan tenaga sinar matahari sehingga penggunaan listrik lebih efisien.

  • Efisiensi penggunaan kertas

    RS Perkebunan Jember juga memiliki Sistem Informasi Teknologi (IT) yang dikenal dengan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Penggunaan teknologi komputer untuk mengolah dan menyajikan data secara cepat dan akurat mulai dari pendaftaran pasien, pencarian data pasien sampai penulisan resep, sehingga penggunaan kertas dapat ditekan se-efisien mungkin.

Copyrights ©2016 | Divisi Pemasaran dan Pengembangan Bisnis RS. Jember Klinik