Pengembangan Bisnis

identitas

Pesatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia, diikuti perubahan dalam gaya hidup masyarakat, jenis¬-jenis penyakit yang berhubungan dengan gaya/cara hidup akan menjadi kontributor lebih besar pada sektor penanganan kesehatan di Indonesia, utamanya di perkotaan. Pergeseran profil kepada penyakit yang terkait gaya hidup, diperkirakan akan meningkatkan pengeluaran setiap pengobatan, karena penyakit yang terkait gaya hidup biasanya lebih mahal biaya pengobatannya dibandingkan penyakit menular.

Melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia juga meningkatkan permintaan akan layanan kesehatan berkualitas. Bertumbuhnya golongan kelas menengah dan kebutuhan akan layanan kesehatan berkualitas, ditandai dengan makin selektifnya masyarakat dalam memilih rumah sakit sebagai pemberi layanan kesehatan, bahkan mencari layanan kesehatan ke negara lain melalui medical tourism. Menghadapi kondisi ini, untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di rumah sakit harus mengikuti standar akreditasi.

Dalam rangka memenuhi permintaan layanan kesehatan berkualitas dan meningkatkan keberadaan rumah sakit dan dokter, infrastruktur layanan kesehatan dan pengadaan tenaga kerja pun harus ditingkatkan. Indonesia saat ini hanya memiliki 0,97 tempat tidur per 1.000 penduduk dan 0,31 dokter per seribu penduduk. Negara Asia lainnya seperti Singapura, Thailand dan Malaysia memiliki rasio tempat tidur per 1.000 rata-rata sebesar 2,2. Rasio tempat tidur per 1.000 penduduk yang rendah, dengan rasio dibawah 1,1 terdapat pada Indonesia dan India. Indonesia harus fokus pada meningkatkan infrastruktur dan menambah jumlah dokter dan sekolah kedokteran.

Dengan visi “Menjadi Rumah Sakit pilihan masyarakat yang mengutamakan peningkatan mutu dan keselamatan pasien”, RS Perkebunan Jember melakukan hal-hal berikut sebagai strategi bisnis :

  • Memperkuat dan mengembangkan posisi memimpin pasar layanan kesehatan wilayah Jember dan sekitarnya dengan meningkatkan jumlah tempat tidur secara sistematis dan efektif, merintis model rumah sakit modular, mengidentifikasi pasar yang belum terlayani, memperluas dan meningkatkan fasilitas yang sudah ada, agar layanan klinis yang disediakan memenuhi kebutuhan pasar tersebut.
  • Mendapat marjin yang lebih tinggi dalam memberikan layanan spesialis, dan mengembalikan tren perjalanan medis ke luar dari wilayah Jember, misal ; Rumah Sakit di Surabaya.
  • Menarapkan model layanan klinis holistik dan perbaikan kualitas berkesinambungan, dengan cara :
    • Menyediakan layanan kesehatan yang inovatif, komprehensif dan terpadu pada seluruh pilihan perawatan (primer, sekunder atau tersier), dengan standar kualitas yang tinggi dan aturan klinis yang ketat;
    • Meningkatkan kualitas SDM dengan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan inhouse training maupun kerjasama dengan rumah sakit pendidikan.
    • Menyediakan layanan terintegrasi untuk masyarakat menengah ke bawah dengan melakukan kerjasama / menjadi provider BPJS kesehatan.
    • Menyediakan peralatan medis teknologi yang mutakhir untuk layanan kritis dan darurat.
    • Mendirikan Gedung Medical Center untuk menyediakan layanan darurat dan layanan kritis yang terintegrasi sehingga dapat memberikan respon layanan dengan cepat dan menjadi rujukan di bidang layanan kesehatan.
  • Mendorong efisiensi operasional dengan teknologi canggih, yang mendukung sistem keuangan dan administrasi sambil tetap mengacu pada prosedur standar yang telah ditentukan dan praktik klinis, melalui:
    • RS Perkebunan Jember menggunakan sistem informasi untuk menggambarkan rincian semua transaksi dalam jaringan usahanya, seperti : sistem informasi laboratorium, sistem keuangan, radiologi, pengarsipan gambar, sistem komunikasi, sistem informasi menajemen gedung, sistem informasi HRD dan sistem pembelian.
    • Semua unit layanan RS Perkebunan Jember terhubung dalam satu jaringan bandwith dan server yang melayani 24 jam. Ini penting untuk mendukung layanan darurat atau Call Center agar dapat merespon dengan cepat dan diandalkan.
    • Melakukan pengkinian sistem, sehingga dapat memiliki sistem data base rekam medis terpusat (memungkinkan manajemen pasien terintegrasi, memonitor dan menganalisa biaya pada tiap tingkatan layanan).

Copyrights ©2016 | Divisi Pemasaran dan Pengembangan Bisnis RS. Jember Klinik