fisioterapi

Fisioterapy merupakan layanan yang menunjang untuk memaksimalkan pengobatan medis

Di masyarakat banyak dijumpai kasus-kasus nyeri yang berhubungan dengan “Neuromusculoskeletal” yang mana penyakit ini lebih banyak dialami masyarakat yang kurang mengerti menjaga postur yang benar misalnya ketika duduk di depan komputer posisi kepala cenderung menoleh ke sisi kiri karena posisi monitor ditaruh di sebelah kiri sisi meja yang harusnya ditaruh lurus dengan pandangan kita, salah satunya nyeri punggung bawah menurut penelitian 80% masyarakat pernah mengalaminya yang mana penyakit ini sangat berhubungan dengan aktifitas sehari hari yang salah misalnya mengangkat barang dengan membungkuk, mencuci baju dengan membungkuk dan masih banyak kasus-kasus lain yang menyerang “Neuromusculoskeletal”.

Gangguan pada otot dipengaruhi oleh durasi, frekuensi, intensitas dan kombinasi. Begitu juga dengan posisi kerja berdiri yang lama > 2 jam akan meningkatkan gangguan pada otot. Posisi kerja erat kaitannya dengan ergonomis kerja. Ergonomis yang merupakan pendekatan multi dan interdisiplin yang berupaya menyerasikan alat, cara, dan lingkungan kerja sehingga tercipta kondisi kerja yang sehat, selamat, aman, dan efisien Gejala gangguan musculoskeletal adalah Deformitas (perubahan bentuk suatu bagian tubuh terjadi pemendekan tulang), penurunan kekuatan pegangan, penurunan pergerakan, hilangnya fungsi ; untuk gejala adalah mati rasa, kesemutan, nyeri, rasa terbakar, rasa kaku dan kram. Untuk tingkatan nyeri antar individu berbeda tiap orang tergantung ketahanan fisik dan psikologis individu tersebut dalam kaitannya pada tingkatan nyeri tersebut.

Proses penuaan mempengaruhi sistem neuromusculoskeletal sehingga terjadi perubahan fungsional yaitu hilangnya kemampuan kerja. Pada orang yang tua telah terjadi proses degeneratif sehingga akan mengurangi kemampuan fungsional termasuk pada punggung. Paling banyak terjadi pada usia 32 - 42 tahun. Keluhan pertama biasa dirasakan pada umur 35 tahun dan tingkat keluhan akan meningkat seiring bertambahnya umur.

Layanan Fisioterapi RS Jember Klinik adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan. Terapi yang diberikan untuk menyelesaikan masalah nyeri pada anggota tubuh dengan menggunakan beberapa metode. Mulai dari menggunakan metode manual terapy sampai dengan menggunakan peralatan teknologi canggih, seperti : SWD (Short Wave Diathermy), USD (Ultrasound Diathermy). TENS (Transcutaneus Electric Nerve Stimulation), Infra Red (Infra Merah), dan Traksi (Lumbal/Cervical). Dengan layanan fisioteraphy di RS Jember Klinik diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menyelesaikan masalah nyeri baik itu yang disebabkan oleh ganguan pada saraf, otot dan degenerasi tubuh sehingga kwalitas hidup yang maximal dapat terjaga

Berikut contoh-contoh kasus yang bisa ditangani di poli Fisioterapi Rumah Sakit Perkebunan (RS Jember Klinik) : ? Arthralgia (Nyeri Sendi) ? Cramp (Kejang Otot) ? Bell’s palsy ( Kelemahan Syaraf Wajah) ? Vertigo (Pandangan Rasa Berputar) ? Torticolis (Otot Leher Kaku) ? Trigger Finger (Jari Tangan Macet) ? CRS (Syaraf Leher Terjepit) ? CTS (Carpal Tunnel Syndrome) ? Cephalgia (Nyeri Kepala) ? Frozen Shoulder (Bahu Kaku) ? HNP (Hernia Nucleus Pulposus) ? Ischialgia (Nyeri Bokong Menjalar) ? Low Back Pain (Nyeri Punggung Bawah) ? Muscle Spasme ( Tegang Otot) ? Myalgia (Nyeri Otot) ? Neuralgia (Nyeri Syaraf) ? Paresthesia (Kesemutan ) ? Rheumatoid (Rematik) ? Sinusitis (Radang Sinus) ? Sprain (Terkilir) ? Strain (Tertarik) ? Stroke (Lumpuh Separuh) ? Cerebral Palsy (Kelumpuhan otak bayi) ? Dll

Metode pelayanan Fisioterapi RS Jember Klinik menggunakan : • SWD (Short Wave Diathermy) • USD (Ultrasound Diathermy) • TENS (Transcutaneus Electric Nerve Stimulation) • Infra Red (Infra Merah) • Traksi (Lumbal/Cervical) • Manual Therapy