Layanan Kami

Terapi Wicara
Terapi Wicara

Terapi anak terlambat bicara Alasan di balik keterlambatan bicara ialah keturunan dan temperamental dapat mengakibatkan permasalahan dalam bahasa

Afasia adalah salah satu penyakit saraf yang disebabkan diantaranya tersumbatnya aliran darah ke otak, dan menyerang jaringan otak komunikasi (bahasa). Secara terminology A berarti tidak, Fasia adalah bahasa atau komunikasi. Jadi yang dimaksud dengan afasia adalah salah satu penyakit karena ketidakmampuan dalam berkomunikasi. Sebenarnya jika kita mendengarkan perkataan pasien afasia secara pelan-pelan dan penuh konsentrasi maka kita akan bisa menangkap pesan yang dia maksud. Namun sayang, pasien afasia biasanya berbicara terlalu cepat, sehingga kalimat yang terlontar susah dipahami bagi lawan bicara dan tidak bermakna.

Kesulitan bicara dapat muncul akibat otak mengalami kerusakan karena cedera pada kepala, penyakit stroke, tumor, infeksi, penyumbatan, dan pecahnya pembuluh darah di otak. Akibatnya, suplai darah pada otak akan terganggu. Selain itu, area bahasa yang ada pada otak juga akan mengalami kerusakan. Umumnya, gejala dan tanda yang akan dialami ada beberapa jenis gejala yang dapat ditimbulkan, yaitu sering mengucapkan kata-kata yang tidak dikenali, sulit memahami pembicaraan orang lain, sering menafsirkan bahasa kiasan harafiah, hanya mengucapkan kalimat pendek dan tidak lengkap ketika berbicara, dan sering menggunakan kalimat-kalimat yang tidak masuk akal ketika berbicara ataupun menulis.

Seiring dengan meningkatnya pasien dengan kesulitan bicara baik rawat inap maupun rawat jalan, Rumah Sakit (RS) Jember Klinik kini mengembangkan layanan fisioterapi dengan layanan terapi wicara lebih profesional. Pelayanan terapi pada pasien dengan kesulitan bicara ada lima jenis pelayanan. Meliputi terapi wicara bagi pasien yang bicaranya pelo atau ngomongnya tidak jelas. Terapi bahasa yang ditujukan pada pasien pascastroke. Terapi suara, bagi pasien yang bicaranya sengau. Terapi irama kelancaran untuk orang yang gagap atau latah. Terapi menelan, yang penanganannya dilakukan berkolaborasi dengan ahli fisioterapi.

Saran bagi yang memiliki keluarga dengan kesulitan bicara, maka ajaklah untuk mengembalikan saraf motoriknya dengan melatih mengingat kejadian-kejadian yang indah yang pernah terjadi dalam hidupnya misalnya pernikahan, promosi jabatan, kemudian melatih pasien untuk mandiri, percaya diri, dan juga selalu mengajak beraktifitas, karena kecenderungan pasien kesulitan bicara akan malas dan manja. Serta jangan lupa melakukan konsultasi pada dokter spesialis saraf, juga terapi wicara.

Cras gravida tristique odio sit

Terapi Wicara

-

Cras gravida tristique odio sit

Terapi Wicara

-

Copyrights ©2016 | Divisi Pemasaran dan Pengembangan Bisnis RS. Jember Klinik