Hak dan Kewajiban Pasien

Apa saja hak pasien dan keluarga ?
  • Memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di Rumah Sakit.
  • Memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban pasien.
  • Memperoleh layanan yang manusiawi, adil, jujur dan tanpa diskriminasi.
  • Memperoleh layanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar profesi dan standar prosedur operasional.
  • Memperoleh layanan yang efektif dan efesien sehingga pasien dari kerugiaan fisik dan materi.
  • Mengajukan pengaduan atas kualitas pelayanan yang didapatkan.
  • Memilih dokter dan kelas perawatan sesuai dengan keinginannya dan peraturan yang berlaku di Rumah Sakit.
  • Meminta konsultasi tentang penyakit yang dideritanya kepada dokter lain yang mempunyai Surat Izin Praktek (SIP) baik di dalam maupun di luar Rumah sakit.
  • Mendapatkan privasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data –data medisnya.
  • Mendapat informasi yang meliputi diagnosis dan tata cara tindakan medis ,tujuan tindakan medis, alternatif tindakan, risiko dan komplikasi yang mungkin terjadi,dan prognosis terhadap tindakan yang dilakukan serta perkiraan biaya pengobatan.
  • Memberikan persetujuan atau meolak atas tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap penyakit yang dideritanya.
  • Didampingi keluarga dalam keadaan kritis.
  • Menjalankan ibadah sesuai agama atau kepercayaan yang dianutnya selama hal itu tidak mengganggu pasien lainnya.
  • Memperoleh keamanan dan keselamatan dirinya selama dalam perawatan di Rumah Sakit.
  • Mengajukan Usul ,saran,perbaikan atas perlakuan Rumah Sakit terhadap dirinya.
  • Menolak pelayanan bimbingan rohani yang tidak sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya.
  • Mengguggat dan /atau menuntut Rumah Sakit apabila Rumah Sakit diduga memberikan pelayanan yang tidak sesuai dengan standar baik secara perdata ataupun pidana.
  • Mengeluhkan pelayanan Rumah Sakit yang tidak sesuai dengan standar pelayanan melalui media cetak dan elektronik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang –undangan.
Apa saja kewajiban Pasien dan Keluarga ?
  • Mentaati segala peraturan dan tata tertib Rumah Sakit.
  • Mematuhi segala intstruksi dokter dan perawat dalam pengobatannya.
  • Memberikan informasi dengan jujur dan lengkap tentang penyakit yang diderita kepada dokter.
  • Melunasi semua imbalan atas jasa pelayanan Rumah Sakit / dokter.
  • Memenuhi hal-hal yang telah disepakati/perjanjian yang telah dibuat.
Informasi Pasien
Asuransi dan Rekanan
Memberikan edukasi terhadap pasien rawat inap maupun rawat jalan tentang regulasi asuransi dan rekanan dalam klaim biaya berobat sesuai hak pasien.
Tampilkan
BPJS Kesehatan
Informasi tentang alur dan tata laksana pembiayaan BPJS Kesehatan, mulai dari prosedur, syarat dan ketentuan, hingga penjelasan perhitungan pembiayaan oleh BPJS Kesehatan.
Tampilkan
BPJS Ketenagakerjaan
Syarat dan tata cara pembiayaan oleh BPJS Ketenagakerjaan terhadap para pekerja diseluruh Indonesia dalam memberikan perlindungan sosial ekonomi masyarakat.
Tampilkan
Jasa Raharja
Memberikan informasi terhadap masyarakat tentang syarat dan ketentuan pasien korban kecelakaan yang mendapat bantuan biaya dari Jasa Raharja.
Tampilkan
Hak dan Kewajiban Pasien
Memberikan pengetahuan terhadap pasien tentang hak dan kewajiban berobat di RS. Jember Klinik
Tampilkan
Alur Pasien Rawat Inap
-
Tampilkan
Alur Pasien Rawat Jalan
-
Tampilkan
Tata Tertib & Jam Kunjung
Tata tertib dan Jam berkunjung pasien di RS. Jember Klinik
Tampilkan
Copyrights ©2016 | Divisi Pemasaran dan Pengembangan Bisnis RS. Jember Klinik