BPJS Kesehatan

Prosedur dan Persyaratan Mendapatkan Layanan Faskes Rujukan Tingkat Lanjut
  • Rawat Jalan Tingkat Lanjutan
    • Peserta membawa identitas BPJS Kesehatan serta surat rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama
    • Peserta melakukan pendaftaran ke RS dengan memperlihatkan identitas dan surat rujukan
    • Fasilitas kesehatan bertanggung jawab untuk melakukan pengecekan keabsahan kartu dan surat rujukan serta melakukan input data ke dalam aplikasi Surat Elijibilitas Peserta (SEP) dan melakukan pencetakan SEP
    • Petugas BPJS kesehatan melakukan legalisasi SEP
    • Fasilitas kesehatan melakukan pemeriksaan, perawatan, pemberian tindakan, obat dan bahan medis habis pakai (BMHP)
    • Setelah mendapatkan pelayanan peserta menandatangani bukti pelayanan pada lembar yang disediakan. Lembar bukti pelayanan disediakan oleh masing-masing fasilitas kesehatan
    • Atas indikasi medis peserta dapat dirujuk ke poli lain selain yang tercantum dalam surat rujukan dengan surat rujukan/konsul intern.
    • Atas indikasi medis peserta dapat dirujuk ke Fasilitas kesehatan lanjutan lain dengan surat rujukan/konsul ekstern.
    • Apabila pasien masih memerlukan pelayanan di Faskes tingkat lanjutan karena kondisi belum stabil sehingga belum dapat untuk dirujuk balik ke Faskes tingkat pertama, maka Dokter Spesialis/Sub Spesialis membuat surat keterangan yang menyatakan bahwa pasien masih dalam perawatan
    • Apabila pasien sudah dalam kondisi stabil sehingga dapat dirujuk balik ke Faskes tingkat pertama, maka Dokter Spesialis/Sub Spesialis akan memberikan surat keterangan rujuk balik.

    Apabila Dokter Spesialis/Sub Spesialis tidak memberikan surat keterangan yang dimaksud pada poin 9 dan 10 maka untuk kunjungan berikutnya pasien harus membawa surat rujukan yang baru dari Faskes tingkat pertama.

  • Rawat Inap Tingkat Lanjutan
    • Peserta melakukan pendaftaran ke RS dengan membawa identitas BPJS Kesehatan serta surat perintah rawat inap dari poli atau unit gawat darurat
    • Peserta harus melengkapi persyaratan administrasi sebelum pasien pulang maksimal 3 x 24 jam hari kerja sejak masuk Rumah Sakit.
    • Petugas Rumah Sakit melakukan pengecekan keabsahan kartu dan surat rujukan serta melakukan input data ke dalam aplikasi Surat Elijibilitas Peserta (SEP) dan melakukan pencetakan SEP
    • Petugas BPJS kesehatan melakukan legalisasi SEP
    • Fasilitas kesehatan melakukan pemeriksaan, perawatan, pemberian tindakan, obat dan bahan medis habis pakai (BMHP)
    • Setelah mendapatkan pelayanan peserta menandatangani bukti pelayanan pada lembar yang disediakan. Lembar bukti pelayanan disediakan oleh masing-masing fasilitas kesehatan
    • Dalam hal peserta menginginkan kelas perawatan yang lebih tinggi daripada haknya, maka Peserta dapat meningkatkan haknya dengan mengikuti asuransi kesehatan tambahan, atau membayar sendiri selisih antara biaya yang dijamin oleh BPJS Kesehatan dengan biaya yang harus dibayar akibat peningkatan kelas perawatan.
    • Kenaikan kelas perawatan lebih tinggi daripada haknya atas keinginan sendiri dikecualikan bagi peserta PBI Jaminan Kesehatan
    • Jika karena kondisi pada fasilitas kesehatan mengakibatkan peserta tidak memperoleh kamar perawatan sesuai haknya, maka:
      • Peserta dapat dirawat di kelas perawatan satu tingkat lebih tinggi.
      • BPJS Kesehatan membayar kelas perawatan peserta sesuai haknya.
      • Apabila kelas perawatan sesuai hak peserta telah tersedia, maka peserta ditempatkan di kelas perawatan yang menjadi hak peserta.
      • Perawatan satu tingkat lebih tinggi paling lama 3 (tiga) hari.
      • Jika kenaikan kelas yang terjadi lebih dari 3 (tiga) hari, maka selisih biaya yang terjadi menjadi tanggung jawab Fasilitas Kesehatan yang bersangkutan atau berdasarkan persetujuan pasien dirujuk ke Fasilitas Kesehatan yang setara
    • Penjaminan peserta baru dalam kondisi sakit dan sedang dalam perawatan
      • Penjaminan diberikan mulai dari pasien terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan yang dibuktikan dengan tanggal bukti bayar (bukan tanggal yang tercantum dalam kartu peserta BPJS Kesehatan);
      • Peserta diminta untuk mengurus SEP dalam waktu maksimal 3 x 24 jam hari kerja sejak pasien terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan;
      • Apabila peserta mengurus SEP lebih dari 3 x 24 jam hari kerja sejak terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, maka penjaminan diberikan untuk 3 hari mundur ke belakang sejak pasien mengurus SEP;
      • Biaya pelayanan yang terjadi sebelum peserta terdaftar dan dijamin oleh BPJS Kesehatan menjadi tanggung jawab pasien sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Fasilitas kesehatan tersebut
      • Untuk pasien baru yang sudah mendapatkan pelayanan rawat inap, maka tidak diperlukan surat rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat satu atau keterangan gawat darurat. Untuk penjaminan selanjutnya, peserta wajib mengikuti prosedur pelayanan BPJS Kesehatan yang berlaku.
      • Perhitungan penjaminan berdasarkan proporsional hari rawat sejak pasien dijamin oleh BPJS Kesehatan.
      • Besar biaya yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan adalah sejak pasien dijamin oleh BPJS Kesehatan sampai dengan tanggal pulang dibagi total hari rawat kali tarif INA CBG’s.
  • Alat Kesehatan di Luar Paket INA CBG`s
    • Tarif di luar paket INA CBG’s adalah besaran pembayaran klaim oleh BPJS Kesehatan kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan atas alat kesehatan yang digunakan secara tidak permanen di luar tubuh pasien
    • Alat kesehatan di luar paket INA CBG’s ditagihkan langsung oleh fasilitas kesehatan ke BPJS Kesehatan
    • Alat kesehatan di luar paket INA CBG’s adalah pelayanan yang dibatasi, yaitu:
      • Pelayanan diberikan atas indikasi medis
      • Adanya plafon maksimal harga alat kesehatan
      • Adanya batasan waktu pengambilan alat kesehatan
    • Jenis alat kesehatan di luar paket INA CBG’s adalah sebagai berikut: Kacamata, Alat bantu dengar, Protesa alat gerak, Protesa gigi, Korset tulang belakang, Collar neck, Kruk
    • Tarif alat kesehatan di luar paket INA CBG’s sebagaimana peraturan yang berlaku
Informasi Pasien
Asuransi dan Rekanan
Memberikan edukasi terhadap pasien rawat inap maupun rawat jalan tentang regulasi asuransi dan rekanan dalam klaim biaya berobat sesuai hak pasien.
Tampilkan
BPJS Kesehatan
Informasi tentang alur dan tata laksana pembiayaan BPJS Kesehatan, mulai dari prosedur, syarat dan ketentuan, hingga penjelasan perhitungan pembiayaan oleh BPJS Kesehatan.
Tampilkan
BPJS Ketenagakerjaan
Syarat dan tata cara pembiayaan oleh BPJS Ketenagakerjaan terhadap para pekerja diseluruh Indonesia dalam memberikan perlindungan sosial ekonomi masyarakat.
Tampilkan
Jasa Raharja
Memberikan informasi terhadap masyarakat tentang syarat dan ketentuan pasien korban kecelakaan yang mendapat bantuan biaya dari Jasa Raharja.
Tampilkan
Hak dan Kewajiban Pasien
Memberikan pengetahuan terhadap pasien tentang hak dan kewajiban berobat di RS. Jember Klinik
Tampilkan
Alur Pasien Rawat Inap
-
Tampilkan
Alur Pasien Rawat Jalan
-
Tampilkan
Tata Tertib & Jam Kunjung
Tata tertib dan Jam berkunjung pasien di RS. Jember Klinik
Tampilkan
Copyrights ©2016 | Divisi Pemasaran dan Pengembangan Bisnis RS. Jember Klinik